..

27 Januari 2024

Belajar Hidup Sederhana dari Orang Cina

 



Jika hidup sederhana bisa bahagia, kenapa harus menyusahkan diri dengan berpura-pura kaya?

 

Halan mulai merasa lega. Matanya yang sejak tadi sulit ia buka karena mengangtuk berat, kini bisa ia buka lebar-lebar. Penat yang ia rasakan kini mulai sirna. Terguncang-guncang di dalam mobil selama delapan jam menyusuri jalanan kota. Perjalanan yang amat melelahkan. Tetapi itu tak seberapa bila dibandingkan dengan kebahagiaan pulang ke kampung halaman, Bertemu dengan ibu yang sudah ia rindukan.

Perasaannya campur aduk. Bahagia dan terharu. Mulutnya tersenyum tetapi bola matanya berkaca-kaca. Di kejauhan, samar-samar mulai terlihat gapura perbatasan desa yang juga menjadi gerbang masuk tanah kelahirannya. Meski sudah sepuluh tahun tidak ia lewati, tetapi Halan masih hafal betul jalan itu. Wajar karena masa kecil hingga remajanya ia habiskan di sana.

Halan meminta sopir pribadinya agar melambatkan laju mobil. Ia ingin menikmati suasana di sepanjang jalan masuk desa itu. Sambil memutar memorinya kembali ke masa lalu. Deretan bangunan di sepanjang jalan itu ia amati satu per satu. Hampir semua berubah. Semakin terlihat mewah dan megah. Kecuali tiga kios di kompleks ruko yang ternyata tampilannya masih sama persis seperti sepuluh tahun yang lalu.

Halan pun tidak kesulitan mengingat siapa pemilik tiga kios tersebut. Ya, tiga kios yang masing-masing berjualan kue, peralatan listrik dan agen koran itu dimiliki oleh satu keluarga keturunan Tionghoa. Kios itu sudah berdiri puluhan tahun. Bahkan saat Halan kecil, kios itu sudah berdiri di sana.

Pernah suatu hari saat Halan membeli koran, ia sempatkan ngobrol dengan pemiliknya. Om Wang, begitu orang-orang biasa menyapanya. Halan menanyakan alasan kenapa tidak mau merenovasi kiosnya, atau sekedar mengganti catnya agar lebih fresh dan menarik. “Kenapa aku harus membebani diriku untuk melakukan sesuatu yang aku sendiri belum mampu?” jawab Om Wang dengan santai. “Dengan tampilan begini saja, kiosku sudah ramai. Ngapain tak bikin megah. Nanti malah orang-orang bingung dikira kiosku pindah” sambungnya memberi penjelasan. 

***

Kalau kita cermati apa yang dikatakan Om Wang sebenarnya itu bagian dari strategi bisnisnya. Pertama, tidak mau mengganti tampilan kios merupakan salah satu bentuk strategi product positioning. Positioning produk adalah salah satu tindakan yang dilakukan perusahaan untuk membuat produknya selalu diingat oleh customer.

Menurut Kotler dan Keller (2009), positioning adalah pengaturan produk untuk menduduki tempat yang jelas, berbeda, dan diinginkan dibandingkan produk pesaing dalam pikiran konsumen sasaran.[1] Tujuan dari positioning adalah untuk menempatkan merek dalam pikiran konsumen guna memaksimalkan manfaat potensial bagi perusahaan. Dengan tidak mengubah tampilannya, para pelanggan Om Wang akan sangat mudah menemukan kiosnya, meskipun kios-kios di sekitarnya telah berubah wajah.

Kedua, dengan tidak merenovasi bangunan kiosnya sehingga tampilannya masih tetap terlihat klasik, sederhana dan jauh dari kategori modern maka Om Wang terhindar dari pajak bangunan yang tinggi. Bukankah ini juga bagian dari penghematan pengeluaran?

Tidak hanya tentang strategi bisnis yang memang orang-orang Cina adalah jagonya, prinsip hidup mereka juga patut kita jadikan referensi. Ada sebuah “rumus” yang dipegang kuat oleh Om Wang dan keluarganya. Apa itu? Berapapun penghasilan yang ia dapatkan maka harus dibagi menjadi tiga bagian. Sepertiga untuk makan, sepertiga untuk saving dan sepertiga lainnya untuk investasi.

Rumus hidup tersebut telah mereka terapkan bertahun dan diajarkan secara turun temurun. Itulah yang membuat bisnis mereka tetap survive di saat para pengusaha di sekelilingnya banyak yang gulung tikar.

Di tengah zaman yang semakin maju dan modern, kita sering terjebak ke dalam gaya hidup hedonisme. Mencari kesenangan tanpa batas hingga lupa bahwa ada hidup dan kehidupan selanjutnya yang harus mereka persiapkan. Seringkali berapapun uang yang kita dapatkan, habis untuk urusan perut dan kesenangan.

Banyak dari kita membeli sesuatu berdasarkan keinginan bukan karena kebutuhan. Bahkan tidak jarang hanya karena alasan gengsi dan status sosial. Parahnya lagi, hal itu mereka lakukan di luar batas kemampuan finansialnya. Mencari pinjaman adalah solusi instan yang mereka ambil tanpa memikirkan bagaimana caranya pinjaman itu akan mereka kembalikan. Resiko terberatnya, cash flow usahanya terganggu, bisnisnya tidak berkembang hidupnya mulai dilanda kesulitan dan ending-nya aset yang mereka miliki akan habis terjual.

Sebagai umat beragama seharusnya kita patuh dengan apa yang telah diajarkan oleh agama kita. Termasuk ajaran tentang hidup sederhana. Tidak ada satu pun agama di dunia ini yang memerintahkan umatnya untuk hidup boros atau bermewah-mewahan.

Bagi umat Islam, Alquran telah mengajarkan kita untuk menghindari hidup boros. "Sesungguhnya orang-orang yang pemboros itu adalah saudara setan dan setan itu sangat ingkar kepada Tuhannya." (QS. Al Isra [17]: 27). Allah juga melarang hamba-Nya untuk hidup bermewah-mewahan. Bahkan dengan ancaman siksaan yang berat. “Di akhirat orang yang hidup bermewah-mewahan akan minta tolong atas siksaan yang ditimpakan” (Al Mukminun [23]:64).

“Kenapa aku harus membebani diriku untuk melakukan sesuatu yang aku sendiri belum mampu”. Perkataan Om Wang itu memberi pesan kepada kita, Jika hidup sederhana bisa bahagia, kenapa harus menyusahkan diri dengan berpura-pura kaya?

***

Jendela inspirasi:

1.     Hidup mewah di luar batas kemampuan hanya akan mempersulit diri sendiri. Karena justru pola hidup sederhana akan membuat kita merasakan kebahagiaan yang sesungguhnya.

2.    Membeli berdasarkan kebutuhan akan mendapatkan manfaat. Sedangkan membeli berdasarkan keinginan semata berpotensi memunculkan mudarat.

***

Budi Ismail, seorang guru, wirausahawan dan penulis. Bisa dihubungi melalui email dimaskreatif@gmail.com, Instagram @bud11smail atau Facebook @Budi Ismail.



[1] Philip Kotler dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

 sumber gambar: kompas.com

0 comments:

Posting Komentar